1. Jenis Evaluasi Berdasarkan Tujuan
a. Evaluasi Diagnostik
Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan
untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
b. Evaluasi Selektif
Evaluasi selektif adalah evaluasi yang di gunakan
untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan
tertentu.
c. Evaluasi Penempatan
Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan
untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan
karakteristik siswa.
d. Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan
untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.
e. Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk
menentukan hasil dan kemajuan bekerja siswa.
2. Jenis Evaluasi Berdasarkan
Sasaran.
a. Evaluasi Konteks
Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program
baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun
kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan
b. Evaluasi Input
Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik
sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
c. Evaluasi Proses
Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses
pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor
pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan
sejenisnya.
d. Evaluasi Hasil Atau Produk
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program
yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki,
dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
e. Evaluasi Outcom Atau Lulusan
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar
siswa lebih lanjut, yankni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.
3. Jenis Evalusi Berdasarkan Lingkup
Kegiatan Pembelajaran
a. Evaluasi Program Pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran,
isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek program
pembelajaran yang lain.
b. Evaluasi Proses Pembelajaran
Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses
pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang di tetapkan,
kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran.
c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencakup tingkat penguasaan
siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus,
ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik.
a. Berdasarkan Objek
a.1.Evaluasi Input
Evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan
kepribadian, sikap, keyakinan.
a.2.Evaluasi Transformasi
Evaluasi terhadao unsur-unsur transformasi proses
pembelajaran antara lain materi, media, metode dan lain-lain.
a.3.Evaluasi output
5.Evaluasi Terhadap Lulusan Yang Mengacu Pada
Ketercapaian Hasil
Pembelajaran Berdasarkan Subjek
a.Evaluasi internal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah
sebagai evaluator, misalnya guru.
b.Evaluasi eksternal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang
luar sekolah sebagai evaluator, misalnya orangtua, masyarakat.
Sesuai dengan pengertian evaluasi, sebagai suatu
kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan
beberapa instrumen dan hasilnya, dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk
memperoleh suatu kesimpulan. Artinya, dalam mengambil langkah untuk
melaksanakan evaluasi, tentunya diperlukan pengetahuan dan pemahaman terhadap
suatu objek dengan terus menerus diadakan instrumen-instrumen yang kemudian
dengan hasil instrumen tersebut diharapkan akan memperoleh sebuah kesimpulan.
Pelaksanaan evaluasi demikian sesuai dengan anjuran
baginda Rosulullah dalam sabda Beliau yang diriwayatkan oleh Imam Muslim
sebagai berikut :
عن إسماعيل بن رجاء عن أبيه عن أبي سعيد وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبي سعيد الخدري قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان
Artinya : “ dari Ismail
bin Roja’ dari bapaknya dari abu sa’id dan qois bin muslim dari thoriq bin
syihab dari abu sa’id al khudri berkata : Rosulullah saw bersabda : barangsiapa
melihat kemungkaran maka hendaknya ia mengubahnya dengan tangannya apabila
belum bisa, maka dengan lidahnya, apabila belum juga bisa maka dengan hatinya,
dan demikian itu adalah selemah-lemahnya iman.
(HR. Imam )
Tujuan Evaluasi Pembelajaran :
a.
Mendeskripsikan kemampuan belajar
siswa
b.
Mengetahui tingkay keberhasilan
PBM
c.
Menentukan tindak lanjut hasil
penilaian
d.
Memberikan pertanggung jawaban
(account ability)
Fungsi Evaluasi Pembelajaran :
a.
Selektif
b.
Diagnostik
c.
Penempatan
d.
Pengukuran tingkat keberhasilan
Menurut
Asmawi Zainul dan Noehi Nasution fungsi
evaluasi pembelajarn yaitu :
a)
Fungsi remedial
b)
Fungsi umpan balik
c)
Fungsi motivasi & pembimbingan
Anak
d)
Perbaikan kurikulim dan program
pendidikan
e)
Pengembangan ilmu
Syarat-syarat Evaluasi Pembelajaran
Syarat-syarat
Umum :
A.
Kesahihan, pengganti validitas yang
dapat diartikan sebagai ketepatan untuk mengevaluasi apa yang seharusnya
dievaluasi, hal ini dapat diterjemahkan
juga kelayakan interpretasi terhadap hasil dari suatu instumen evaluasi
atau tes tindak terhadap instrumen itu sendiri
B.
Keterandalan, hal ini berhubungan
dengan masalah kepercayaan yakni tingkat kepercayaan bahwa suatu instrumen
mampu memberikan hasil yang tepat.
C.
Kepraktisan, hal ini dapat
diartikan sebagai kemudahan yang ada pada instrumen evaluasi baik dalam
mempesiapkan, mempergunakan, menginterpretasi/memperoleh hasil, maupun
kemudahan dalam menyimpannya.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Dr. Dimyati dan Drs. Mudjino,
2006. Belajar dan Pembelajaran, jakarta: PT Rineka Cipta
2.
Drost, J.I.G.M.S.J, 2001. Sekolah
Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta: Kanisius
3.
http://
pakguruonline.pendidikan.net
4.
Nana Sudjana. 1996. Model-Model
Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru
5.
Arikunto, Suharsimi dan Jabar,
Safrudin Abdul 2001. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Praktis bagi Mahasiswa
dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
*Slide Power Point bisa dilihat di>>>> http://www.slideshare.net/TiaSeptiani/foerqon-klasifikasika-jenis-jenis-evaluasi-belajar
thanks,, materi ini sangat bermanfaat buat calon guru :D
BalasHapus