Selasa, 10 April 2012

Kelompok 1- KLASIFIKASIKA JENIS-JENIS EVALUASI BELAJAR


1. Jenis Evaluasi Berdasarkan Tujuan
a. Evaluasi Diagnostik
Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
b. Evaluasi Selektif
Evaluasi selektif adalah evaluasi yang di gunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
c. Evaluasi Penempatan
Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
d. Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.
e. Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan bekerja siswa.
2. Jenis Evaluasi Berdasarkan Sasaran.
a. Evaluasi Konteks
Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan
b. Evaluasi Input
Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
c. Evaluasi Proses
Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya.
d. Evaluasi Hasil Atau Produk
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
e. Evaluasi Outcom Atau Lulusan
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yankni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.
3. Jenis Evalusi Berdasarkan Lingkup Kegiatan Pembelajaran
a. Evaluasi Program Pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran yang lain.
b. Evaluasi Proses Pembelajaran
Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang di tetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik.
4.Jenis Evaluasi Berdasarkan Objek Dan Subjek Evaluasi
a. Berdasarkan Objek
a.1.Evaluasi Input
Evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan.
a.2.Evaluasi Transformasi
Evaluasi terhadao unsur-unsur transformasi proses pembelajaran antara lain materi, media, metode dan lain-lain.
a.3.Evaluasi output
5.Evaluasi Terhadap Lulusan Yang Mengacu Pada Ketercapaian Hasil
Pembelajaran Berdasarkan Subjek
a.Evaluasi internal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator, misalnya guru.
b.Evaluasi eksternal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator, misalnya orangtua, masyarakat.
Sesuai dengan pengertian evaluasi, sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan beberapa instrumen dan hasilnya, dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan. Artinya, dalam mengambil langkah untuk melaksanakan evaluasi, tentunya diperlukan pengetahuan dan pemahaman terhadap suatu objek dengan terus menerus diadakan instrumen-instrumen yang kemudian dengan hasil instrumen tersebut diharapkan akan memperoleh sebuah kesimpulan.
Pelaksanaan evaluasi demikian sesuai dengan anjuran baginda Rosulullah dalam sabda Beliau yang diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut :
عن إسماعيل بن رجاء عن أبيه عن أبي سعيد وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبي سعيد الخدري قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان
Artinya : “ dari Ismail bin Roja’ dari bapaknya dari abu sa’id dan qois bin muslim dari thoriq bin syihab dari abu sa’id al khudri berkata : Rosulullah saw bersabda : barangsiapa melihat kemungkaran maka hendaknya ia mengubahnya dengan tangannya apabila belum bisa, maka dengan lidahnya, apabila belum juga bisa maka dengan hatinya, dan demikian itu adalah selemah-lemahnya iman.
(HR. Imam  )



Tujuan Evaluasi Pembelajaran :
a.      Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa
b.      Mengetahui tingkay keberhasilan PBM
c.      Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
d.      Memberikan pertanggung jawaban (account ability)

Fungsi Evaluasi Pembelajaran :
a.      Selektif
b.      Diagnostik
c.      Penempatan
d.      Pengukuran tingkat keberhasilan
Menurut Asmawi  Zainul dan Noehi Nasution fungsi evaluasi pembelajarn yaitu :
a)      Fungsi remedial
b)      Fungsi umpan balik
c)      Fungsi motivasi & pembimbingan Anak
d)      Perbaikan kurikulim dan program pendidikan
e)      Pengembangan ilmu

Syarat-syarat Evaluasi Pembelajaran
       Syarat-syarat Umum :
A.     Kesahihan, pengganti validitas yang dapat diartikan sebagai ketepatan untuk mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi, hal ini dapat diterjemahkan  juga kelayakan interpretasi terhadap hasil dari suatu instumen evaluasi atau tes tindak terhadap instrumen itu sendiri
B.     Keterandalan, hal ini berhubungan dengan masalah kepercayaan yakni tingkat kepercayaan bahwa suatu instrumen mampu memberikan hasil yang tepat.
C.     Kepraktisan, hal ini dapat diartikan sebagai kemudahan yang ada pada instrumen evaluasi baik dalam mempesiapkan, mempergunakan, menginterpretasi/memperoleh hasil, maupun kemudahan dalam menyimpannya.

DAFTAR PUSTAKA
1.      Dr. Dimyati dan Drs. Mudjino, 2006. Belajar dan Pembelajaran, jakarta: PT Rineka Cipta
2.      Drost, J.I.G.M.S.J, 2001. Sekolah Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta: Kanisius
3.      http:// pakguruonline.pendidikan.net
4.      Nana Sudjana. 1996. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru
5.      Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Safrudin Abdul 2001. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.





*Slide Power Point bisa dilihat di>>>> http://www.slideshare.net/TiaSeptiani/foerqon-klasifikasika-jenis-jenis-evaluasi-belajar

1 komentar: